Fakta Galaksi Bima Sakti Yang Mungkin Belum Kalian Ketahui

Fakta Galaksi Bima Sakti Yang Mungkin Belum Kalian Ketahui

Galaksi Bima Sakti adalah tempat yang sangat besar dan sangat menarik. Tidak hanya berdiameter sekitar 120.000–180.000 tahun cahaya, itu adalah rumah bagi planet Bumi, tempat kelahiran umat manusia. Tata Surya kita berada sekitar 27.000 tahun cahaya dari Pusat Galaksi, di tepi bagian dalam salah satu konsentrasi partikel gas dan debu berbentuk spiral yang disebut Lengan Orion. Tetapi di dalam fakta fakta galaksi Bima Sakti ini terdapat beberapa informasi tambahan, yang semuanya pasti akan mengesankan dan menginspirasi.

Fakta Galaksi Bima Sakti Yang Mungkin Belum Kalian Ketahui

Memiliki Halo, Tetapi Tidak Dapat Melihatnya Secara Langsung

Para ilmuwan percaya bahwa 90% dari massa galaksi kita terdiri dari materi gelap, yang memberikan halo misterius. Itu berarti bahwa semua “materi bercahaya” yaitu apa yang dapat kita lihat dengan mata telanjang atau teleskop membentuk kurang dari 10% massa Bima Sakti. Halo-nya bukanlah jenis cahaya konvensional yang cenderung kita pikirkan ketika membayangkan malaikat atau mengamati komet. Dalam hal ini, halo sebenarnya tidak terlihat, tetapi keberadaannya telah ditunjukkan dengan menjalankan simulasi tentang bagaimana Bima Sakti akan muncul tanpa massa yang tidak terlihat ini, dan seberapa cepat bintang-bintang di dalam cakram galaksi kita mengorbit pusatnya.

Semakin berat galaksi, semakin cepat mereka harus mengorbit. Jika orang berasumsi bahwa galaksi hanya terdiri dari materi yang dapat kita lihat, maka kecepatan rotasi akan jauh lebih kecil daripada yang kita amati. Oleh karena itu, sisa massa itu harus terdiri dari massa yang sulit dipahami dan tidak terlihat alias. “materi gelap” atau materi yang hanya berinteraksi secara gravitasi dengan “materi normal”. Untuk melihat beberapa gambar kemungkinan distribusi dan kepadatan materi gelap di galaksi kita, lihat Proyek Via Lactea.

Hampir Setua Alam Semesta Itu Sendiri

Perkiraan terbaru menempatkan usia alam semesta sekitar 13,7 miliar tahun. Bima Sakti kita telah ada selama sekitar 13,6 miliar tahun itu, memberi atau menerima 800 juta lagi. Bintang-bintang tertua di Bima Sakti kita ditemukan slot gacor dalam gugus bola, dan usia galaksi kita ditentukan dengan mengukur usia bintang-bintang ini, dan kemudian memperkirakan usia yang mendahuluinya. Meskipun beberapa konstituen Bima Sakti telah ada sejak lama, cakram dan tonjolan itu sendiri baru terbentuk sekitar 10-12 miliar tahun yang lalu. Dan tonjolan itu mungkin terbentuk lebih awal dari bagian galaksi lainnya.

Bergerak Terus

Bima Sakti, bersama dengan segala sesuatu yang lain di Semesta, bergerak melalui ruang angkasa. Bumi bergerak mengelilingi Matahari, Matahari mengelilingi Bima Sakti, dan fakta galaksi Bima Sakti sebagai bagian dari Grup Lokal, yang bergerak relatif terhadap radiasi Cosmic Microwave Background (CMB) radiasi yang tersisa dari Big Bang. CMB adalah titik referensi yang nyaman untuk digunakan saat menentukan kecepatan benda-benda di alam semesta. Sehubungan dengan CMB, Grup Lokal dihitung bergerak dengan kecepatan sekitar 600 km/s, yang berarti sekitar 2,2 juta km/jam. Kecepatan seperti itu mengejutkan pikiran dan menghancurkan gagasan apa pun tentang bergerak cepat dalam kerangka acuan kita yang sederhana dan terestrial.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.